Pink's Review

~ a book blog by ima ~

[#60 Book Review] P.S. I Like You

2 Komentar

psilyJudul : P.S. I Like You

Penulis : Kasie West

Penerjemah : Airien Kusumawardhani

Penyunting : Selsa Chintya

Proofreader : Seplia

ISBN : 9786027432260

Tahun Terbit : Desember 2016

Penerbit : Haru

Halaman : 368


Sinopsis :
Saat sedang melamun di kelas Kimia, Lily menuliskan sebaris lirik lagu favoritnya di meja. Hari berikutnya, dia menemukan seseorang telah melanjutkan lirik itu dan bahkan menulis pesan untuknya!
Tak lama, Lily dan sahabat pena misteriusnya itu mulai berbagi surat dan rahasia, saling memperkenalkan band favorit mereka, dan mulai terbuka satu sama lain. Bahkan, Lily merasa mulai menyukai orang yang menulis surat-surat itu. Hanya saja, siapa dia?
Lily mencoba mencari tahu siapa teman misteriusnya, tapi siapkah dia mengetahui kebenarannya?

Review :

Aku menyukaimu dan itu membuatku marah pada diriku sendiri. (hal. 285)

Lily selalu merasa bosan ketika Mr. Ortega menjelaskan mengenai pelajaran kimia. Karena rasa bosannya itu, Lily menuliskan sepenggal lirik dari lagu favoritnya di atas meja. Tidak disangka, keesokan harinya ia melihat lirik lagu itu berlanjut. Lily yakin kalau di sekolahnya tidak ada murid yang memiliki selera musik yang sama dengan dirinya. jadi, siapakah orang yang menulis lagu itu?

Karena penasaran, Lily membalas lirik itu melalui surat. Dan berlanjutlah surat-menyurat antara Lily dengan sahabat penanya itu. Mulai dari bertukar lagu favorit hingga menceritakan tentang permasalah yang sedang dihadapi.

Semua itu Lily ceritakan pada sahabatnya. Isabela pun menyarankan agar Lily mencari tahu siapa sahabat penanya itu. Awalnya, Lily menolak. Hingga akhirnya dia memiliki nama-nama yang bisa menjadi ‘tersangka’.

“Orang-orang bisa dengan mudah menerima hal-hal yang ingin mereka anggap sebagai kebenaran.” (hal. 243)

Siapakah kira-kira sahabat pena Lily?

^*^*^*^*^*^*^*^*^*^

Covernya cantik sekali. Ya, itu penilaian pertamaku terhadap buku ini. Tapi, karena aku punya pengalaman buruk terhadap buku dari penerbit yang sama (oh, aku enggak bisa cocok dengan buku terjemahan Barat sebenarnya) aku masih ragu untuk menjadikan ini sebagai wishlist. Sebalnya, orang-orang yang kufollow di instagram memberikan penilaian yang bagus terhadap buku ini. Jadi, yah, biar engga terlalu pedih, buku ini kujadikan wishlist untuk event BBI. Terimakasih Kak Ira atas bukunya :))

Dan aku tidak menyesal membaca ini. Kisah yang unik dan sangaaaaat manis.

Mengisahkan tentang kehidupan Lily Abbott. Mulai dari kehidupannya di sekolah, rumah hingga pencintaan. Semuanya lengkap ada di buku ini. Terlebih P.S I Like You menggunakan sudut pandang orang pertama alias Lily.

Aku tahu aku bodoh karena aku merasa tidak percaya diri terhadap apa yang orang lain pikirkan tentangku, tapi aku tidak bisa menahannya. (hal. 61)

Kurasa, Lily ini orangnya agak sedikit rendah diri. Ia tidak yakin dengan dirinya sendiri. Mungkin juga, Lily susah akrab dengan orang lain. Sahabat dekatnya hanya Isabel. Dan kalau bertemu dengan orang yang dia sukai, Lily akan sulit untuk berkata-kata.

Berbeda dengan Lily yang berkomunikasi lewat surat. Dengan orang yang belum pernah ia temui, hanya berbekal kesamaan selera musik, Lily bisa menceritakan tentang permasalahnnya. Lily lebih terbuka melalui surat yang ia tulis.

Kenapa mendadak aku mencemaskan tentang bagaimana anggapan cowok itu tentangku? (hal. 69)

Aku merasa relatable dengan Lily ini. Aku pun begitu terhadap cowok yang kusuka dan memang lebih bisa berkata-kata lewat tulisan. Jadi, ketika Lily berhadapan dengan situasi itu aku bisa memahaminya.

Keluarga Abbott mengingatkanku pada keluarga Senna di Meet The Sennas. Sama-sama ajaib kelakuan sekeluarga besar, hahaha. Dan Jonah Abbott, kenapa kamu lucu sekali? Walaupun adegan yang ada Jonahnya sedikit, tiap kali dia muncul aku selalu merasa gemas dan seperti ada visualnya dibayanganku. Dari tingkah lakunya dan cara bicaranya, aku yakin Jonah sangatlah imut. Dia lucu sekali. Ketika Jonah menghancurkan gitar kesayangan Lily, saat dia minta maaf dan menangis aku ikutan nangis.

“Tidak semua orang membutuhkanmu untuk menyelamatkan mereka, kau tahu?” (hal. 293)

Okey, kalau untuk interaksi Lily dan Cade sepertinya banyak yang setuju denganku. Mereka manis sekali!! Aku bersimpati dengan kehidupan Cade, dan itu pula yang menjadi alasan mengapa Lily menganggap Cade itu menyebalkan. Sungguh, alasannya benar-benar membuatku bersimpati. Dia hanya ingin berbuat baik tapi malah menyakiti orang lain, ugh. Tapi, Cade, serius deh kamu bisa menjadi sangat menggemaskan tahu!!

Favorite Scene

Aku suka interaksi Lily dan Cade dari halaman 215 – 238. Apalagi bagian dimana mereka melakukan gencatan senjata. Di sini Cade terlihat lebih menyenangkan daripada di bagian-bagian awal. Aku terus senyum-senyum saat membaca adegan demi adegan di halaman itu. Lily dan Cade, bisakah kalian melakukan gencatan senjata terus-menerus? Hehehe.

psilyrate

2 thoughts on “[#60 Book Review] P.S. I Like You

  1. covernya cantik dan manis banget yaa

    Suka

Your Opini?

