Pink's Review

~ a book blog by ima ~

[#52 Book Review] The Dead Returns

1 Komentar

tdrJudul : The Dead Returns

Penulis : Akiyoshi Rikako

Penerjemah : Andry Setiawan

Penyunting : Arumdyah Tyasayu

Proofreader : Dini Novita Sari

ISBN : 9786027742574

Tahun Terbit : Agustus 2015

Penerbit : Haru

Halaman : 252


Sinopsis :
Suatu malam, aku didorong jatuh dari tebing.
Untungnya aku selamat.

Namun, saat aku membuka mataku dan menatap cermin,
aku tidak lagi memandang diriku yang biasa-biasa saja.
Tubuhku berganti dengan sosok pemuda tampan yang tadinya hendak menolongku.

Dengan tubuh baruku, aku bertekad mencari pembunuhku.

Tersangkanya, teman sekelas.
Total 35 orang.
Salah satunya adalah pembunuhku.


Review :

Kurasa tidak ada orang yang bisa mengamati bagaimana kematiannya diperlakukan di dalam kelas, setelah dia meninggal. Namun, aku bisa melihatnya. Dan rasanya aku terluka…. (hal. 26)

Koyama Nobuo mendapat surat yang memintanya datang ke Tebing Miura Kaishoku pada tanggal 2 September pukul 7 malam. Ia pikir itu adalah teman sesama otakunya, Tanaka Yoshio. Sesampainya di sana, ia tak melihat Yoshio. Saat dirinya berdiri di tepi tebing, ada seseorang yang mendorongnya dari belakang, membuatnya terjatuh. Di sela-sela kesadaran yang makin menipis, Nobuo mendengar seseorang yang berteriak memanggilnya. Nahasnya orang tersebut juga ikut terjatuh akibat tanah yang longsor.

Nobuo pikir dirinya sudah mati. Betapa terkejut dirinya mendapati berada di rumah sakit dan melihat orang-orang yang tidak dikenalnya. Juga mendengar nama yang asing baginya, Takahashi Shinji. Bagaimana bisa dirinya terbangun di tubuh orang lain? Di kehidupan seorang cowok yang sangat bertolak belakang dengan dirinya. Takahashi Shinji yang supel, dan dikelilingi orang-orang yang menyayanginya. Berbeda sekali dengan Koyama Nobuo yang jelek, suram dan seorang otaku.

Bagi teman-teman sekelas, aku yang selalu menunduk dan nyaris tidak mengobrol dengan orang lain adalah sosok yang tidak dipedulikan. Intinya, dalam artian tertentu hal itu lebih menyakitkan daripada bullying. (hal. 17)

“Tidak memperhatikan…. Tahu tidak, tidak diperhatikan begitulah yang paling menyakitkan. Sakit tahu, dianggap tidak ada padahal ada. Pernah ada kan, anak seperti itu??” (hal. 100)

Menggunakan tubuh Takahashi Shinji, Nobuo yang yakin dirinya dibunuh, bertekad untuk mencari tahu siapa pelakunya. Pindah ke sekolahnya yang lama, diam-diam mencurigai teman-teman sekelasnya.

^*^*^*^*^*^*^*^*^*^

Berbeda dengan Girls in The Dark, novel ini tidak terlalu penuh intrik. Di beberapa bagian malah terkesan datar untukku. Butuh hampir dua minggu untuk menyelesaikannya.

Tapi, ketika dalam sehari banyak orang-orang yang mulai dicurigai Nobuo, hingga halaman terakhir aku enggak bisa menutupnya. Rasa penasaran kembali bangkit. Walaupun plot twistnya benar-benar enggak diduga, tapi rasanya aku mau lebih dari itu.

Aku selalu merasakan ketidakadilan karena orang-orang menganggap aku suram hanya dari penampilanku. Namun, bukankah aku juga melakukan hal yang sama? Hanya karena penampilan seseorang itu keren, aku menganggapnya sebagai orang yang tidak bisa menahan diri. (hal. 89)

Di buku ini, walaupun tidak semenegangkan Girls in The Dark, kehidupan anak SMAnya lebih diperlihatkan. Dan aku lebih menyukai interaksi Nobuo dengan teman-teman sekelasnya. Dengan menggunakan tubuh Shinji, Nobuo bisa melihat karakter teman-teman sekelasnya dari sudut pandang yang berbeda. Dia juga menyadari bahwa dirinya salah saat menilai kelompok populer. Memang ya, kita ini lebih suka menilai dari luar. Selain itu juga karena perawakan Shinji yang dideskripsikan sebagai orang yang tampan, jadi semakin sadar kalau wajah menjadi daya tarik pertama, hehe.

Hal yang paling menyesakkan adalah saat diabaikan waktu ada kegiatan kelompok. (hal 98).

Favorite Scene

Adegan favoritku di buku The Dead Returns ini itu ada di :

Di halaman 218-219, dimana di bagian itu sudah terbongkar semua misterinya. Dan dua orang itu sedang berbincang-bincang mengenai kehidupannya yang baru. Rasanya lucu berbicara dengan keadaan seperti itu. Apalagi waktu topik yang agak sensitif, ngebayangin mukanya Nobuo bikin ketawa, hahaha.

tdrrate

One thought on “[#52 Book Review] The Dead Returns

  1. Ping-balik: [#61 Book Review] Holy Mother | Pink's Review

Your Opini?

