Pink's Review

~ a book blog by ima ~

[#38 Book Review] A Week Long Journey

1 Komentar

24302124Judul : A Week Long Journey

Penulis : Altami N. D.

Proofreader : Lana

ISBN : 9786020312996

Tahun Terbit : Januari 2015

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Halaman : 264


Sinopsis :
Lina Budiawan baru saja lulus SMA dan dihadapkan pada kenyataan bahwa dia harus masuk ke fakultas yang tidak sesuai dengan minatnya karena orangtuanya menganggap jurusan itu memiliki masa depan yang cerah dibandingkan passion-nya, menulis.
Namun, Lina tetap tidak rela melepaskan genggaman pada mimpinya. Ketika dia dikelilingi orang-orang yang terus- menerus bicara mengenai bidang yang tidak sedikit pun Lina minati, justru semakin erat dia mencengkeram obsesi menulisnya. Meski harus mengesampingkan keluarganya.
Hingga liburan selama seminggu di Hong Kong menguak semua rahasia dan cerita lama yang tidak pernah Lina ketahui tentang sejarah keluarganya. Lina pun harus berpikir ulang. Menjadi idealis atau realistis?

Review :

Lina Budiawan berasal dari keluarga peternak. Keluarganya memiliki peternakan yang cukup besar, dan itu adalah hasil jerih payah kakek-nenek-nya. Karena terlahir di keluarga yang mempunyai bisnis keluarga, mau tidak mau Lina diharuskan untuk meneruskan peternakan tersebut. Tapi Lina menolak. Dia ingin menulis dan jadi penulis. Dia tidak mau kuliah di IPB sekalipun masuk tanpa tes.

Di tengah dilema antara dua pilihan itu, Lina berkesempatan mengunjungi kampung halamannya dari pihak Ayah, Hongkong. Selama seminggu di sana, bersama orang-orang yang ahli di bidang peternakan, Lina mulai berpikir ulang. Haruskah ia tetap egois atau berusaha membahagiakan keluarganya?

^*^*^*^*^*^*^*^*^*^

Kalau mau jadi orang hebat itu memang susah, nggak semudah membalikkan tangan, tapi ya nggak sesulit memindahkan gunung.” (hal. 169

Kisah yang membuatku ikut merasakan kebimbangan Lina, karena, iya, aku sedang mengalaminya. Memilih jurusan kuliah itu sangat bikin pusing, terbentur antara idealis dan realistis. Pilihan pribadi, atau pilihan yang ‘disarankan’ orang tua. Cerita yang penuh makna dan kalimat yang quote-able. Konflik yang dirasakan hampir semua anak kelas XII.

Oke, mari kita mulai bahas isi novel ini aja, ya. Abaikan pembukaan yang malah jadi curhat colongan itu.

“Follow your dream, they will find their way.” (hal. 255)

Aku mulai tertarik sama novel ini karena membaca review dan tanya-jawab dengan penulis di blognya Kak Dini (Dinoy Books Review) Dan novel ini tentang passion. Dimana kita kadang sulit untuk menjadikan apa yang kita suka, kita minati, untuk menjadi pekerjaan serius kita. Dan buat beberapa orang akan merasa tertohok hatinya kalau ada yang berbicara tentang passion.

Nah, selain itu buku ini juga ada unsur Tionghoa-nya. Dan bagi penyuka sejarah, aku baru tahu lho, kalau di Indonesia pernah terjadi hal rasial seperti itu. Whoah, rasanya terenyuh waktu membaca bagaimana kehidupan para Indo-Chinesee itu setelah adanya peraturan itu.

“Demi orang-orang yang sudah berjuang demi kamu, kamu nggak bisa nyera gitu aja. Nggak bisa kamu tiba-tiba berhenti jadi pecundang.” (hal. 168)

Aku. Suka. Chen Zhang. Hahaha. Momen Lina – Chen semuanya jadi bagian favoritku di buku ini. Apalagi sewaktu Chen mengikatkan tali sepatu Lina. Ah, engga tahu, ya, tapi adegan mengikat tali sepatu itu manis bangeeet. Dan sialnya, Chen Zhang kembali berulah. Momen ketika Chen menggoda Lina, kok aku jadi ikutan mesem-mesem yaaa? Chen, sialan kamu ya! Huft.

Selain Chen, aku juga menyukai karakter orang tua Lina. Ternyata tidak seperti apa yang kupikirkan pada awalnya. Kupikir mereka orang tua yang menuntut anak harus menjadi seperti mereka, ternyata tidak.

rateawlj

Diikutkan dalam Young Adult Reading Challenge 2016
Iklan

One thought on “[#38 Book Review] A Week Long Journey

  1. wah buku menarik nih, di kehidupan nyata bnyk yg mengalami paksaan orang tua untuk memilih jurusan/minat ssuai minatnya sendiri… uhh seperti sy sndiri….

    Kunjungan baliknya ya 🙂 http://goo.gl/tHJGdK

    Suka

Your Opini?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s