Pink's Review

~ a book blog by ima ~

[#28 Book Review] Kata Kota Kita

1 Komentar

kata kota kita.indd

Judul : Kata Kota Kita : Kumpulan Cerpen Gramedia Writing Project

Penulis : 17 Penulis

Penyunting : Nina Andiana, Anastasia Aemilia, dan Hetih Rusli

ISBN : 9786020315102

Tahun Terbit : April 2015

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Halaman : 272

=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=

Sinopsis :
Dalam Kata Kota Kita, kita dibawa singgah dari Central Park di New York, purnama di Ankara, kemacetan di Jakarta, hingga indahnya Pantai Ora di Ambon. Dan seusai penjelajahan, kita dibuat tersenyum dan menyadari betapa kayanya kita sebagai manusia.
Kota-kota dalam kumpulan cerpen ini memberikan suaranya, menguarkan aroma, dan menunjukkan pemandangan yang ditulis dengan beragam tema, ditulis dengan beraneka gaya, mulai dari yang lincah ala MetroPop hingga mencekam ala novel horor.
Tujuh belas cerpen mengenai kota-kota yang berbeda ini menyajikan senyap dan riuh, tawa dan tangis, cinta dan kehilangan… Dan pada akhirnya membawa kita menuju kota yang menjadi tujuan pulang.
Para penulis adalah penulis yang terpilih dari Gramedia Writing Project batch 1.

*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^

Review :

Akhirnya bisa baca novel dengan kaver yang begitu eye-catching ini. Dan, baca ini di aplikasi baru asli Indonesia, iJakarta. Awalnya nyoba-nyoba aja download aplikasi ini di komputer, dan alhamdulillah, bisa baca novel ini dengan gratis #ahseek.

Nah, novel ini sendiri adalah wujud dari proyek besutan Gramedia, yaitu Gramedia Writing Project – http://www.gwp.co.id. Penulis-penulis yang karyanya ada di novel ini ya hasil seleksi dari proyek tersebut.

Nah, karena novel ini adalah kumpulan cerpen, jadi aku hanya akan mereview beberapa cerpen yang menarik perhatianku saja.

“Ketika ini satu-satunya pilihan yang lo punya, lama-kelamaan lo harus belajar berdamai sama keadaan untuk bisa bahagia. Atau… seumur hidup lo bakal berasa kaya di neraka.” – Ora oleh Ayu Rianna. hal. 18)

  • Berlari ke Pulau Dewata – Cindy Pricilla

Cerita ini membuatku teringat dengan beberapa cerpen yang pernah kubuat, dan beberapa karya fiksi yang bertebaran online. Bukan ceritanya yang mengingatkanku, melainkan garis besar cerita, gaya bahasa dan pemilihan diksinya. Jadi yah, aku hanya bisa tertawa saja saat membacanya, seperti nostalgia dengan tulisan aku dulu.

Bodoh! Kenapa dia memulai pembicaraan dengan mengungkit masa lalu? Sepahit atau semanis apa pun, masa lalu tak semestinya menjadi pemicu. Percayalah padaku, aku sudah melihatnya pada semua kisah cinta yang terjadi di sini. Masa lalu bisa berdampak buruk bagi dua orang yang menyimpan cinta dengan ragu. – Cinta dan Secangkir Cokelat Hangat oleh Dwi Ratih Ramadhany. (hal. 54)
  • Mamon, Cintaku Padamu – Idawati Zhang

Awalnya kupikir cerita ini hanyalah tentang romansa dua insan manusia, tapi ternyata tidak. Ini salah satu dari sedikit cerpen yang benar-benar membuatku ngeblank ketika ceritanya berakhir. Twistnya keren!

  • Frau Troffea – Lily Marlina

Keren! Cerita yang sangat keren walaupun detailnya belum begitu jelas, aku memakluminya karena ini hanyal cerpen. Seorang penari yang menari gila-gilaan hingga berdarah-darah. Aku nggak tahu apa kemampuan khusus si tokoh utama–yang jelas itu bikin penasaran. Keren bangetlah pokoknya. Coba saja dijadikan satu novel utuh, aku pasti membelinya.

“… Masa sih gue lahir di sini, tapi gue nggak bisa memberi kontribusi.” – Jakarta oleh Yatzhiar Nao. (hal. 246)

  • Amerta – Yulikha Elvitri

Gila! Sarap! Psycho! Tapi keren, hahaha. Coba saja dibuat satu novel utuh. Dan penutup yang sangat-sangat ngebuat aku hang.

Kata Kota Kita memang menjanjikan kalau cerpen-cerpen yang ada di dalamnya bisa dikembangkan lebih detail lagi. Ada beberapa cerpen yang kalau bisa sih ada novel utuhnya, hihi. Salut sama kesemua penulis. Kalian keren!

UntitledDiikutkan dalam Indonesian Romance Reading Challenge 2015.
Diikutkan dalam Young Adult Reading Challenge 2015.

 

Iklan

One thought on “[#28 Book Review] Kata Kota Kita

  1. Ping-balik: [Wrap-up Post] Indonesian Romance Reading Challenge 2015 | Pink's Review

Your Opini?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s