Pink's Review

~ a book blog by ima ~

[#13 Book Review] Satria November

2 Komentar

23477811Judul : Satria November

Penulis : Mia Arsjad

ISBN : 9786020310916

Tahun Terbit : November 2014 (Cetaka Kelima)

Bahasa : Indonesia

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama (Teenlit)

Halaman : 248

=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=

Sinopsis :
Cuma mo pengakuan aja.
Sebenernya tiket itu gue beli buat gue nonton berdua sama lo.
Tapi dipikir-pikir, kayaknya lo bakalan lebih seneng kalo nontonnya sama Gian.
Sebagai cowok yang berjiwa besar, bertanggung jawab, dan heroik
kayak gue, ya gue ikhlasin deh.
Kalo habis ini Gian masih maju-mundur gak nembak-nembak, bilang sama gue.
Biar gue aja yang nembak lo. Soalnya… sebenernya gue juga nggak keberatan kok punya cewek bawel, judes, galak, suka demo, dan hobi jerit-jerit kayak lo. :
Sekali lagi, maafin gue ya, Mi, selama ini udah bikin lo susah. :
PS: Awaaasss… jangan macem-macem sama Gian di dalem bioskop yaaa….
—INOV—
Idih! Mima mendelik kesel. Ihhh! Siapa juga yang mo punya pacar robot korslet?! Mima mendekap surat dari Inov sambil senyam-senyum sendiri.
Inov. Semua kenangan, ketengilan, dan rahasianya yang bikin repot dan nyaris membahayakan mereka itu, nggak mungkin bakal Mima lupain seumur hidup.
Rahasia Inov bikin Mima sadar bahwa nggak semua rahasia seharusnya disembunyiin.

*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*

Review :

Ada orang baru di rumah Mima!!

“Gue harus protes nih sama Nyokap!”

“Dasar aktivis. Dikit-dikit protes. Tanya dulu baek-baek dong ke Nyokap,”

“Ya telat dong. Keburu orang itu dateng dan mondok di loteng gue. Lagian Mama Papa gue kok bisa gitu sih? Ini kan hal besar. Harusnya didiskusikan dulu dooong…” (hal. 14)

Mima yang sangat menganut paham demokrasi langsung menyatakan ketidaksetujuannya setelah kakak kembarnya, Mika, memberitahu kalau akan ada orang asing yang menempati loteng rumahnya.

Bukan orang asing yang benar-benar asing, tetapi orang itu adalah anak teman Mama. Inov. Satria November.

“…. Mama tau kamu anak Mama yang selalu jujur dan terbuka. Dan anti kebohongan, kan? Kamu tau Inov kenapa? Siapa yang mukulin dia? Kamu kan tau, sindikat narkoba itu bisa ngejer dia sampe sini. Dan bunda Inov udah nitipin di sama keluarga kita. Jadi kalau memang betul begitu, kita harus lapor polisi, Mi.” (hal. 104)

Setelah kedatangan Inov ke rumah Mima–bahkan di sekolahkan di sekolah yang sama–, Mima jadi tidak tenang hidupnya. Apalagi setelah tahu rahasia terbesar Inov, kalau ia masih berhubungan dengan komplotan pengedar narkoba. Iya, Inov mantan junkie. Setelah keluar dari panti rehabilitasi, Inov masih direcoki oleh komplotan Revi, sang bandar narkoba.

Nggak, manusia nggak pernah siap. Kita memang bisa tahu. Tapi kita nggak pernah siap. Kalau kita selalu siap, buat apa ada emosi?!

^*^*^*^*^*^*^*^*^*^

Pertama kali baca kisah Inov dan Mima ini tuh sekitaran tahun 2012, eh pas tahu bakal terbit ulang (ditambah ada sekuelnya) langsung aja mutusin untuk beli.

Dan sensai saat baca untuk kedua kalinya enggak jauh berbeda, tetap menegangkan dan banyolan-banyolan ke-keki-an Mima tetap bikin ngakak.

Mima tuh tipe-tipe orang yang kritis. Kalau ada sesuatu yang nggak seharusnya pasti deh mulutnya akan ‘bocor’ dan satu-satunya yang bisa menghentikannya cuman dengan bekapan di mulut.

Berkebalikan dari Mima, Inov tuh robot korslet yang somplak. Jarang ngomong, sekalinya ngomong, omongannya malah nyelekit. Jarang berekspresi, kalaupun senyum, senyumnya bakalan tipiiis banget dan orang malah mengira dirinya sedang berhalusinasi.

“Dari sini, karena banyak, terangnya sama, gemerlapnya sama, yang redup nggak kelihatan. Tapi kita nggak pernah tahu, mana yang bakal mati duluan. Belum tentu yang redup itu mati duluan. Mungkin yang itu… yang paling terang.” (hal. 193)

Di luar itu, novel ini menampilkan bagaimana kehidupan remaja yang tercemplung ke dalam dunia narkoba. Mereka-mereka itu pasti butuh uang untuk beli barangnya. Dan kalau nggak ada mereka enggak segan-segan untuk mencuri dan berbohong. Selain itu, fisiknya pasti juga akan terlihat mengerikan. Tubuh yang kelewat kurus, mata cekung kayak orang kurang tidur, dan jalan sempoyongan. Pokoknya sangat menyeramkan seakan ‘hidup-segan-mati-tak-mau’.

sn1rteRecommended banget untuk yang butuh bacaan ringan ‘kelewat serius’.

Diikutkan dalam Indonesian Romance Reading Challenge 2015
Diikutkan dalam Young Adult Reading Challenge 2015
Iklan

Penulis: andinarima

Penyuka Pink. Penyuka Buku. _Pink's Review_ http://myminilibrary.wordpress.com

2 thoughts on “[#13 Book Review] Satria November

  1. Ping-balik: [Wrap-up Post] Indonesian Romance Reading Challenge 2015 | Pink's Review

  2. Ping-balik: [Wrap-up Post] Young Adult Reading Challenge 2015 | Pink's Review

Your Opini?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s