Pink's Review

~ a book blog by ima ~

[#7 Book Review] Sweet Home

2 Komentar

SH  Judul: Sweet Home

 Penulis: Adeliany Azfar

 Proofreader: Dini Novita Sari

 ISBN: 6027742410

 Tahun Terbit: Oktober 2014

 Bahasa: Indonesia

 Penerbit: HARU

 Halaman: 360

=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=

Sinopsis:
 Bagi Emily Cox, naik ke grade 11 sama dengan gejolak emosi yang tiada habisnya.
Matthew Cooper, pacar sekaligus temannya sejak kecil, memutuskan hubungan mereka. Sementara Marion-Mary-Scott, sahabat dan tetangga sebelah rumahnya, terpaksa pindah dari Sweet Home ke kota lain setelah ibunya menikah lagi.
Saat Emily menyangka kehidupannya tidak bisa lebih buruk dari itu, puluhan pesawat kertas berisi curahan hati rahasia yang ia terbangkan ke teras rumah sebelah, yang semestinya ditujukan kepada Mary, hilang tiba-tiba!
Lalu muncullah Tyler Adams, tetangga baru yang dengan seenaknya selalu merecokinya dan membuat hari-harinya semakin menyebalkan.
Apa sih sebenarnya tujuan cowok itu?

*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*

Review:

Hem. Niatnya mau beli novel pemenang kompetisi Haru ini yang satunya, tapi beli yang ini juga gapapa, sih.

Memang sejujurnya, aku tidak terlalu tertarik untuk beli Sweet Home, karena yah dari sinopsis saja sudah ketahuan bagaimana endingnya, kan? Dan memang benar sih, endingnya seperti yang kukira.

Hanya saja, Sweet Home tidak sesederhana itu. Ceritanya berputar pada kehidupan seorang gadis yang sudah duduk di kelas sebelas di Sweet Home High School (SHHS), Emily Cox. Menggunakan sudut pandang orang pertama, kita bisa tahu kalau selama liburan musim panas itu Emily sangat menderita, kalau boleh dikatakan seperti itu. Dia baru saja ditinggal Mary – sahabat samping rumah, dan Matt – teman masa kecil yang sudah berubah status menjadi mantan.

Lalu datanglah Tyler Adams, atau disapa Ty, yang mendiami rumah Mary. Berarti Emily akan bertetangga dengan cowok itu. Awal perkenalan Emily dan Ty tidak berjalan mulus. Em dikerjai oleh Ty yang mengaku-aku sebagai alien. Tentu saja Em tidak memercayainya, tetapi ia sudah dipermalukan anak lelaki itu. Jangan lupakan tentang pesawat kertas yang ia tujukan untuk Mary tetapi malah dibajak oleh anak laki-laki itu. Em sekakmat.

Dan tak sampai situ saja, ayah Ty yang juga kepala sekolah SHHS memasukkan Ty di kelas yang sama dengan Em. Bukan keberuntungan awalnya, karena mereka selalu hampir bertengkar tiap kali berbincang.

“… aku akan bantu menendang pecundang itu keluar dari pikiranmu. …” (hal. 72)

Tak hanya dengan Em, Ty juga tak akrab dengan mantan pacar Emily, Matt. Entahlah, Em dan Matt ternyata masih saling menyayangi. Mereka tidak dapat melupakan kisah mereka yang sudah terjalin selama 10 tahun. Tentu tidak mudah untuk saling melupakan.

“Mr. Alien sudah mengambi alih semua tempat yang dulu kutempati.” (hal. 98)

Tetapi lama-kelamaan, Em mulai merasa nyaman dengan Ty. Apakah Ty juga merasakan apa yang dirasakan oleh Emily? Bagaimana kalau Em dan Matt kembali menjalin hubungan? Apa Ty akan merasa cemburu?

Kalian bisa baca kisah manis ini di Sweet Home.

^*^*^*^*^*^*^*^*^*^

Well, walau sudah tahu bagaimana akhirnya tapi tidak ada salahnya untuk membaca kisah Emily dan Tyler ini.

Manis. Itu kesanku terhadap Ty ini. Laki-laki itu memang menyebalkan tetapi ada alasan dibalik sikapnya itu. Dan demi membuktikan kepada keluarganya, Ty rela belajar bermain gitar bersama Em untuk dipersembahkan kepada mamanya. Manis kan sikapnya? Haha.

Emily Cox. Di awal cerita dia benar-benar terlihat lemah. Dia sama sekali menghindar Matt, apapun yang berhubungan dengan cowok itu. Ya, iya sih, itu salah satu cara untuk move on, tapi jangan menyiksa diri juga sih. Dan, aku paling kesel deh ketika mereka balikan. Oh, Em, kau mau saja sih jatuh di lubang yang sama dua kali? Tapi dengan mengalirnya cerita, kepribadian Em sedikit mulai sedikit berubah, terutama sikapnya terhadap Matt.

Matthew Cooper. Dia cowok gentleman sekali. Berani minta maaf dengan apa yang sudah diperbuatnya. Tapi, sungguh deh. Saat pestanya Andrea, posisi Emily kan pacarnya, kenapa dia sebegitu marahnya sih? Seharusnya dia merangkul Emily dong! Yah, aku cukup emosi saat baca adegan itu. Benar-benar deh si Matt ini. Minta dihajar banget, untungnya di akhir cerita sikapnya berubah.

Ah, aku menemukan kejanggalan sih.

Di hal. 304 > “Ck, apa-apan sih, kau!” Bukankah seharusnya Ck, apa-apaan sih, kau!” Ehm, aku tidak tahu sih, yang tertulis itu memang benar menurut KBBI atau tidak, hehe.

Di hal 350 > “… aku ingin membuat Emily lebih sering tertawa hingga tak ada waktu baginya mengeluarkan air mata seperti saat bersama Tyler Adams” Yang aku tangkap sih seharusnya yang tertulis itu Matthew Cooper, kan yang lagi bicara si Tyler, ya kan?

shrateTapi, karena aku sudah dapat menebak akhirnya hanya dari sinopsisnya, dan ceritanya terlalu panjang dan bertele-tele (aku baru selesai baca setelah lima hari, omong-omong) aku hanya beri tiga bintang. Kesan yang manis dengan Ty. Kavernya yang menentramkan hati. Juara kompetisi menulis.

Diikutkan dalam Young Adult Reading Challenge 2015
Diikutkan Indonesia Romance Reading Challenge 2015
Diikutkan dalam Tantangan Membaca HARU 2015
Diikutkan dalam Tantangan Membaca 2015 ‘Buku-Buku Karya Dini Novita Sari’
Iklan

Penulis: andinarima

Penyuka Pink. Penyuka Buku. _Pink's Review_ http://myminilibrary.wordpress.com

2 thoughts on “[#7 Book Review] Sweet Home

  1. Ping-balik: [Wrap-up Post] Indonesian Romance Reading Challenge 2015 | Pink's Review

  2. Ping-balik: [Wrap-up Post] Young Adult Reading Challenge 2015 | Pink's Review

Your Opini?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s