Pink's Review

~ a book blog by ima ~

[#5 Book Review] Thalita

2 Komentar

Judul:thalita Thalita

Penulis: Stephanie Zen

ISBN: 978-979-22-4952-1

Tahun Terbit: September 2009

Bahasa: Indonesia

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (Teenlit)

Halaman: 272

Sinopsis:
Thalita baru saja masuk SMA, dan ortunya nggak mengizinkan dia masuk ke SMA tempat Andra, mantannya, bersekolah. Itu karena Andra junkie, dan ortu Thalita nggak mau ambil risiko anaknya ikut terjerumus ke dunia drugs. Sebenarnya Thalita masih sayang sama Andra, tapi ia kecewa lantaran Andra nggak mau menuruti permintaannya untuk ikut rehab. Ia akhirnya memutuskan Andra dan masuk SMA yang ditunjuk ortunya.
Sayang, Andra ternyata nggak begitu saja mau melepas Thalita. Ia terus memohon supaya mereka balikan. Thalita dilema, tapi ia tahu, demi kebaikannya sendiri, ia nggak boleh balikan lagi sama Andra.
Di sekolahnya yang baru, Thalita bertemu Darren, cowok yang dingin setengah mati sama cewek. Itu lantaran Darren pernah dikecewakan Cheryl, cewek yang dicintainya habis-habisan tapi lebih memilih hidup dalam dunia hedonis, termasuk berkubang dalam drugs.
Thalita dan Darren, yang terpaksa melepas dua orang yang mereka sayangi karena narkoba, akhirnya merasa cocok satu sama lain. Dan berkat Tatyana, adik Darren, yang menjodoh-jodohkan mereka, Thalita dan Darren akhirnya jadian.
Semua terasa sempurna saat ini. Tapi, bagaimana jika Cheryl kembali?

*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*^*

Review:

Thalita baru saja putus dari pacarnya yang junkie. Itu juga karena perintah Papa. Kalau bukan karena perintah Papa, Thalita tidak melakukan itu. Ia masing teramat menyayangi Andra, pacarnya. Tapi mau bagaimana lagi, Papa melakukan itu untuk menjauhkan Thalita dari Andra yang pengguna narkoba.

Thalita juga harus masuk ke SMA pilihan orang-tuanya, SMA Persada Bangsa. Di SMA itu, ada Darren, cowok yang amat perhatian terhadap Thalita. Bahkan saat Andra meninggal karena overdosis pun, Darren selalu berada di samping Thalita. Membuat gadis itu mempunyai semangat hidup lagi.

“Ini kan masalah hati. nggak gampang untuk suka sama seseorang begitu aja.” (hal. 45)

“Kenapa sih cowok di hadapannya itu nggak menyadari dialah yang salah karena punya potensi untuk membuat separuh cewek penghuni planet Bumi ini bengong setiap ngobrol sama dia?” (hal. 51)

Karena kedekatan itu semakin intens, Darren pun menyatakan perasaannya di acara nonton bareng, dan Thalita menerimanya. Tapi, apa yang akan terjadi jika cinta pertama Darren, muncul kembali? Cheryl, mantan junkie, kembali ke Darren setelah mencampakkan cowok itu dan mengatakan bahwa ia sudah ‘bersih’. Apakah Darren akan melepas Thalita dan kembali ke pelukan Cheryl?

“Disakiti oleh cowok macam itu jelas akan terasa lebih sakit daripada disakiti cowok brengsek.” (hal. 198)

“Seorang guru SD nggak mungkin memberi murid-muridnya soal ujian anak SMP, karena dia tahu mereka nggak akan mampu. kalau guru SD aja tahu di mana batas kemampuan muridny, apalagi Tuhan!” (hal. 248)

^*^*^*^*^*^*^*^*^*^

Udah tiga kali baca novel ini, dan enggak bikin bosen sama sekali dengan ceritanya.

Untuk karya Kak Stephanie Zen yang lain juga udah aku baca, hampir semua sepertinya.

Di Thalita ini, gaya bahasa Kak Stephanie ngalir banget, kejadiannya juga runut. Alur yang dipakai alur maju, namun ada beberapa kejadian yang diceritakan dengan flashback.

Untuk karakter, Thalita mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Di awal cerita ia terkesan rapuh, tetapi lama-lama ia menjadi tegar, bisa menerima itu semua. Untuk Darren, duh aku benci banget deh. Masa dia tiba-tiba ninggalin Thalita. Apa banget, kan?

Aku kali ini lebih suka karakter orang-orang di sekeliling Thalita, seperti Acha, Jennie dan Nita. Mereka yang membantu Thalita untuk menghadapi semuanya.

Empat btharateintang untuk ‘SAY NO TO DRUGS’

 

diikutkan dalam Indonesian Romance Reading Challenge 2015
diikutkan dalam Young Adult Reading Challenge 2015
Iklan

Penulis: andinarima

Penyuka Pink. Penyuka Buku. _Pink's Review_ http://myminilibrary.wordpress.com

2 thoughts on “[#5 Book Review] Thalita

  1. Ping-balik: [Wrap-up Post] Indonesian Romance Reading Challenge 2015 | Pink's Review

  2. Ping-balik: [Wrap-up Post] Young Adult Reading Challenge 2015 | Pink's Review

Your Opini?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s